Senin, 02 Februari 2015

PROFIL GOMBENGSARI

·        SEJARAH KELURAHAN GOMBENGSARI
Kelurahan Gombengsari terbentuk pada tahun 1999 hasil pemekaran dari Kelurahan Kalipuro. Sejak saat itu  Kelurahan  Gombengsari menjadi wilayah Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi. Berdasarkan Peraturan Bupati Banyuwangi nomo 69 tahun 2011 Kelurahan Gombengsari merupakan perangkat daerah Kabupaten Banyuwangi yang berkedudukan di wilayah Kecamatan Kalipuro dan dipimpin oleh Lurah yang berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Bupati melalui Camat.
Kelurahan Gombengsari beralamat di Jalan Irjen Kaliklatak No. 01 Kalipuro Banyuwangi dengan Luas lahan 7.500 M2 . Kelurahan Gombengsari Kecamatan Kalipuro merupakan daerah dataran tinggi, dengan luas wilayah : 19.953 Ha. Sebagian besar wilayahnya pertanian, usaha perdagangan dan fasilitas umum. Wilayah Kelurahan Gombengsari di sebelah utara berbatasan dengan Desa Ketapang dan Kelurahan Kalipuro, sebelah timur berbatasan dengan Kelurahan Kalipuro, sebelah selatan berbatasan dengan Desa Kelir serta sebelah barat berbatasan dengan Desa Telemung dan Kabupaten Bondowoso. Secara administrasi Kelurahan Gombengsari dibagi menjadi 5 (lima) Lingkungan yaitu Lingkungan Gombeng, Kacangan, Lerek, Suko dan Kaliklatak, dengan 42 Rukun Tetangga (RT) dan 11 Rukun Warga (RW).

·      LETAK DAN BATAS KELURAHAN GOMBENGSARI
Kelurahan Gombengsari merupakan bagian dari wilayah Kabupaten Banyuwangi tepatnya 12 kilometer arah utara dari Kota Banyuwangi, dan  dari Kecamatan Kalipuro yang berjarak 5 km, yang berada diketinggian ± 650 dpl dan bersuhu diantara 23-30 C, dengan curah hujan rata-rata 2.088 mm .
Adapun batas-batas Kelurahan Gombengsari sebagai berikut :
Sebelah barat               : Kabupaten Bondowoso
Sebelah selatan            : Desa Kelir dan telemung
Sebelah Timur             : Kel. Kalipuro
Sebelah utara               : Desa Ketapang


Luas Kelurahan Gombengsari secara keseluruhan adalah 19.953 ha yang terbagi pemukiman penduduk 1.230 ha, Persawahan 55 ha, Perkebunan/pertanian 1.998 ha, hutan 16.630 ha dan lain-lain 40 ha, sesuai peta Kelurahan Gombengsari berikut ini :



0 komentar:

Posting Komentar